Matematika UI itu pendidikan apa murni?

Dulu suka ada aja yang nanya “matematika ui itu pendidikan apa murni?” Dulu juga malah pernah ada yang bilang kalau Matematika UI itu pendidikan, padahal waktu itu gak mau banget masuk pendidikan. Kan gak lucu udah daftar sbmptn, udah bayar, eh baru tahu kalau salah jurusan. Untungnya gak salah jurusan kok.

Terus jawabannya apa? Jawabannya bukan dua duanya. Lebih tepatnya matematika ui itu bukan pendidikan tapi juga gak bisa dibilang murni. Loh kok gitu? Jadi apa dong?

Pertama, matematika ui juga bukan pendidikan matematika. UI saat ini memang tidak memiliki fakultas keguruan dan ilmu pendidikan layaknya kampus-kampus lain di Indonesia. Dulu pernah ada, FKIP UI, tapi fakultas tersebut memisahkan diri tahun 1964 dan sekarang dikenal dengan nama Universitas Negeri Jakarta.

Nih dikutip dari https://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Indonesia

Awalnya, UI memiliki 9 fakultas dan 3 lembaga yang tersebar di lima kota, yaitu Fakulteit Kedokteran, Fakulteit Ilmu Hukum dan Ilmu Pengetahuan Masyarakat, serta Fakulteit Sastra dan Filsafat di Jakarta; Fakulteit Ilmu Alam dan Ilmu Pasti, Fakulteit Ilmu Pengetahuan Teknik, dan Lembaga Pendidikan Guru Menggambar di Bandung; Fakulteit Pertanian dan Fakulteit Kedokteran Hewan di Bogor; Fakulteit Ekonomi di Makassar; Fakulteit Kedokteran dan Lembaga Kedokteran Gigi di Surabaya.

Pada tahun 1955, Undang-Undang No. 10 tentang pengubahan kata universiteituniversitet, dan universitit disahkan, sehingga sejak itu, Universiteit Indonesia secara resmi diubah namanya menjadi Universitas Indonesia.

Berangsur-angsur fakultas-fakultas yang berada di daerah memisahkan diri membentuk lembaga pendidikan yang berdiri sendiri. Pada tanggal 2 Maret 1959 Fakultas Teknik dan Fakultas Ilmu Pengetahuan Alam di Bandung memisahkan diri menjadi Institut Teknologi Bandung. Selanjutnya pada 1 September 1963 Fakultas Pertanian dan Fakultas Kedokteran Hewan UI memisahkan diri pula menjadi Institut Pertanian Bogor (IPB), fakultas di Surabaya menjadi Universitas Airlangga, dan di Makassar menjadi Universitas Hasanuddin. Pada 1964 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta dan kini berubah kembali menjadi Universitas Negeri Jakarta.

Kedua, matematika ui itu gak bisa dibilang matematika murni. Matematika murni cuman salah satu peminatan dari lima peminatan di departemen matematika. Peminatannya apa aja? ada matematika murni, komputasi, operational research, statistika sama aktuaria sebelum akhirnya statistika dan aktuaria memisahkan diri bikin program studi sendiri, Statistik UI.

Dikutip dari http://www.ui.ac.id/akademik/sarjana-reguler/fakultas-matematika-dan-ilmu-pengetahuan-alam-2/s1-matematika.html

Deskripsi Program Studi
Departemen Matematika UI memiliki visi untuk menjadikan matematika sebagai perangkat penting yang mendukung disiplin ilmu lainnya dalam perkembangan teknologi. Program sarjana Departemen Matematika membekali mahasiswanya dengan mata kuliah yang mencakup bidang Matematika Murni, Statistika, Komputasi, Riset Operasional dan Aktuaria. Sebagian besar alumni Departemen Matematika bekerja di bidang asuransi dan teknologi informasi. Bidang lain yang menampung lulusan departemen Matematika adalah bidang industri manufaktur, pendidikan, penelitian, perbankan, periklanan, penerbitan, dan lainnya.

3 respons untuk ‘Matematika UI itu pendidikan apa murni?

Tinggalkan komentar