Acara – Acara di Departemen Matematika UI

1.  FORSIL

forsil

Di Matematika UI ada acara yang ditunggu banget karena isinya cuman satu, seru-seruan. Acara itu namanya FORSIL. Forum Silahturahmi.

Setiap tahunnya, FORSIL dikemas dengan tema yang unik dan berbeda-beda. FORSIL 2015 kemarin mengangkat tema animasi. Dengan tema tersebut, setiap panitia dan peserta diwajibkan mengenakan pakaian bertemakan animasi. Berbagai macam karakter animasi berdatangan. Ada Jasmine, Dora, Shinchan. Cinderella, Super-Man, Joker, Maleficient, Angelica, Jessie dari Toy Story, hingga Minnie Mouse.

Setiap angkatan menunjukkan sebuah penampilan di atas panggung. Pada FORSIL 2015, Angkatan 2015, DISCRETE, menyanyikan theme songs dari berbagai kartun. Angkatan 2014, VARIABLE, menampilkan flashmob. Angkatan 2013, ALGEBRA, menampilkan drama berlatarkan desa Avatar dengan peran utamanya Dora dan diakhiri dengan penampilan flashmob. Angkatan 2012, MATRICES, menampilkan drama. Angkatan 2011++ menampilkan nyanyian-nyanyian yang dibungkus seperti acara ‘Berpacu dalam Melodi’.

2.  PRISMA

PRISMA1

Pembinaan Karakter dan Rekreasi Islam Matematika (PRISMA). Dari namanya aja kita udah bisa tebak ini acara apa. Pembinaan karakter dan rekreasi khusus untuk mahasiswa muslim. Acara pertama biasanya diisi dengan talkshow tentang keislaman.  Setelah talkshow, mahasiswa Departemen Matematika akan mengikuti outbound. Banyak games seru yang biasanya ada di outbound, seperti dodge ball, minidrama, miniposterbukmun ‘umyuntrouble hand dan bomb of balloon. Selanjutnya pembentukan Forum Muslim Angkatan Departemen Matematika 2015 (FMA 2015). Kemudian sebagai penutup, dilakukan pembagian kado kepada para peserta.

3.  SINUS

sinus

Mendengar kata SINUS mungkin adalah hal yang akrab bagi warga Matematika. SINUS memiliki kepanjangan Sharing With Alumnus. SINUS merupakan acara talkshow dan mentoring oleh alumni Matematika yang sukses, dan Ekskursi. Pada tahun 2015, ekskursi dilakukan ke perusahaan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (IDX), PT Tugu Reasuransi dan Pertamina.

Di OJK semua peserta mengikuti seminar tentang OJK, fungsi OJK dan asuransi. Selain itu disebutkan pula bahwa OJK merupakan perusahaan yang membutuhkan lulusan Matematika. Peserta juga mengikuti seminar saat ekskursi dilanjutkan ke IDX. Selama seminar, pembicara menjelaskan tentang jual beli saham. IDX juga membutuhkan banyak lulusan Matematika. Saat berada di PT Tugu Reasuransi peserta dijelaskan tentang peluang kerja lulusan Matematika dan aktuaria. Sementara di Pertamina dijelaskan mengenai perminyakan dan aplikasi Matematika di bidang perminyakan.

Acara talkshow dan mentoring SINUS sendiri diisi oleh pembicara luar biasa yang tak lain adalah alumni Matematika UI. Materi disampaikan dengan sangat menginspirasi dan menumbuhkan perasaan bangga sebagai mahasiswa Matematika. Sesi mentoring memfasilitasi peserta SINUS untuk sharing lebih dalam dengan para alumni.

4. MATH CUP

math cup

Di Matematika UI juga ada kompetisi olahraga antarangkatan. Namanya Math Cup. Di sinilah atlit-atlit di tiap angkatan akan bermunculan. Ada banyak cabang yang diperlombakan. Mulai dari yang mainstream seperti bulu tangkis, futsal, tenis meja, sampai PES dan FIFA pun ada. Buat para penggemar PES dan FIFA, tunjukkan kemampuan kalian di sini!

Angkatan atas alias yang udah mau lulus gak akan mau kalah sama mahasiswa – mahasiswa baru. Atas nama gengsi mereka akan bertarung habis-habisan. Sedangkan mahasiswa baru mereka akan menunjukkan bahwa mereka bisa bersaing dengan yang udah tua – tua angkatan atas. Berikut cabang – cabang yang dperlombakan :

  1. Bulu Tangkis
  2. Voli
  3. Basket
  4. Futsal
  5. PES
  6. FIFA
  7. Othello
  8. Catur
  9. Atletik (100 m, 200 m, 400 m, 800 m)
  10. Estafet
  11. Lompat Jauh
  12. Lempar Lembing
  13. Tenis Meja

5. PDM

pdm

Kepanjangan dari PDM sendiri adalah Pengenalan Departemen Matematika. Ini sebenarnya bukan hanya sebuah acara, melainkan rangkaian acara. Semua mahasiswa baru Departemen Matematika pasti mengikuti rangkaian acara PDM ini. Seperti namanya, PDM bertujuan untuk mengenalkan Departemen Matematika kepada mahasiswa baru.

Selama mengikuti PDM mahasiswa baru akan tahu tentang Sistem Akademik di Departemen Matematika, diperkenalkan dengan kakak – kakak di Departemen Matematika, diperkenalkan dengan Pembimbing Akademik (semacam wali kelas) setiap mahasiswa, software – software di Matematika, Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD), acara – acara di HMD, serunya pemilihan calon ketua HMD, cara megurus beasiswa, seminar mahasiswa berprestasi, diberikan motivasi agar siap mengikuti kuliah empat tahun ke depan, bahkan hingga seru-seruan outbond di hutan UI.

Dan yang gak kalah seru adalah setiap pagi selama rangkaian acara PDM akan ada kakak – kakak yang akan orasi untuk membakar semangat mahasiswa baru. Orasi yang akan mengubah mindset mahasiswa baru bahwa mereka bukan lagi seorang siswa, mereka adalah mahasiswa. Orasi yang akan menanamkan nilai – nilai kemahasiswaan kepada mahasiswa baru. Pokoknya seru banget deh.

Nih sepenggal video dari keseruan – keseruan selama PDM 2015

Acara – acara yang telah dijelaskan di atas hanyalah sedikit dari sekian banyak acara yang ada di Departemen Matematika. Buat para calon mahasiswa Departemen Matematika, siapkan diri kalian untuk merasakan keseruan – keseruan selama kuliah di Departemen Matematika. Jadikan pengalaman kuliah di Departemen Matematika sebagai pengalaman yang tak terlupakan dalam hidup kalian. Kuliah gak hanya sekedar datang, duduk dan pulang.

Tinggalkan komentar